Friday, May 29, 2009

Komputer Sering Mati Mendadak

Sudah hampir seminggu ini mungkin lebih, entah kenapa, komputerku buat kerja sering mati mendadak. Padahal UPS atau listrik tidak mati. Mungkin anda bisa merasakan sendiri, pas saat sibuk-sibuknya kerja atau pas ada keperluan di depan komputer, update web atau mungkin yang lain, tiba-tiba "Bleb", komputer mati. Repot bukan?

Aku pikir, mungkin Power Supplynya yang sudah aus atau sudah hampir rusak, maklum sudah hampir 2 tahun lebih, aku beli Casing SIMBADDA. Belinya itu saja dua ende (2nd /seken maksudnya, seingatku harganya Rp 140.000,-), so mungkin sudah lebih dari 2 tahun, kapasitasnya cuman 300 Watt saja untuk Power Supplynya. Maklum irit.

Selanjutnya aku coba lepas 3 kipasnya (kipas pendingin). Ini yang aku suka dari casing SIMBADDA, banyak kipas pendingin, sekitar ada 4 kipas, 2 didepan, 1 di belakang, dan 1 di samping. Yang didepan dan samping aku matikan, jadi lumayan gak berisik. Pikirku, cara ini akan mengurangi daya listriknya sehingga Power Supply bisa mengangkat motherboardnya hidup (komputernya hidup istilahnya, biar stabil).

Komputerku juga tidak ada CDROM, hanya 1 Hardisk saja (tapi selanjutnya aku pasang HD lagi, maklum butuh file lama). Beberapa hari ini, ternyata sama saja, komputer tetap mati mendadak. Pagi itu, malah parah, baru mau login langsung mati mendadak, baru di pencet tombol ONnya langsung mati,padahal malamnya komputerku dimatikan, otomatiskan masih "FRESH" alias masih SEGAR.

Akhirnya aku bongkar komputernya, aku cek motherboardnya. Kok hawanya panas, terus aku pegang BESI PENDINGIN Processornya, walah panas banget (benar-benar hot). Aku coba hidupkan lagi, ternyata kipas PENDINGIN Processor hidup tapi lambat banget berputarnya, sekali sentuh dengan jari langsung berhenti, biasa kalau kipas yang normal waktu hidup disentuh jari, kita merasa kaget, dikarenakan terserempet baling2 kipasnya.

Aku lepas kipasnya dari Besi Pendingin Processor, terus aku otak atik (diperbaiki gitu), terus pasang lagi. Malah tambah parah, mati total kipasnya. Terus aku ambil kipas pendingin di samping casing (aku ganti gitu), yang aku lihat waktu hidup, cepet berputarnya dan lumayan dingin dari angin yang dihasilkan.

Aku pasang kipas pendingin dari casing SIMBADDA ke Besi Pendingin Processor. Aku coba nyalakan komputernya, wuzz... suaranya lumayan berisik, maklum kipasnya berputar lumayan cepat. Lalu aku biarkan komputer hidup lama, buat kerja dan ditinggal bentar. Aku bongkar lagi casingnya, dan aku sentuh BESI PENDINGIN Processornya... wah anget bahkan mungkin lumayan dingin, gak tll panas, lumayan. Moga aza, tidak ada masalah lagi. Lalu, kipas pendingin processor yang lama ? Biarin sj, gak dipakai..

Semoga Bermanfaat!

2 comments:

  1. wah, thanks bro tipsnya, gw jg lagi ngalamin mslh yg sama ni..

    ReplyDelete
  2. mantap gan..kisahnya..sangat berguna.
    tq ya..

    ReplyDelete

Mohon komentar yang baik-baik, tidak boleh nyepam, link yang menurut kami tidak baik, saya hapus, mohon maaf.