Thursday, May 7, 2009

Backup Email Outlook Express

Waktu itu, di customer, saya dan supervisor saya mendapatkan computer di perusahaan client trouble. Setelah dicek, ternyata windowsnya yang trouble, mungkin kena virus atau install program yang merusak windows, misal install belum selesai sudah diclose secara tiba-tiba atau listrik mati (tanpa ups).

Setelah nego (emang jualan?), karena repair computer membutuhkan waktu lama, jadi diputuskan computer client tersebut saya bawa ke kantor untuk di service. Di kantor, saya otak atik sana sini. Dan alhamdulillah sudah selesai dan normal.

Keesokan harinya, aku bawa ke perusahaan client tersebut. Dan setelah dicek oleh karyawan perusahaan tersebut, oke, mantap. Tapi tiba-tiba, dia membuka emailnya di Outlook Express, jreng! Kosong, tidak ada.

Waduh, jadi panas dingin badanku, grogi, aku mana tahu ada email di Outlook Express. Mana katanya email penting lagi, email dari customer perusahaan tersebut, udah gitu katanya banyak kiriman emailnya. Selain email yang tidak ada, address booknya juga hilang. Wah, jadi gak enak sama orangnya. Tapi kenapa kemarin gak bilang ada emailnya.

Setelah otak atik sana sini, ternyata seingatku bahwa aku mengubah user login untuk windows, dari yang namanya tadi "A" aku ubah menjadi "B" (ini hanya sekedar contoh saja). Lalu aku cek folder user "A" di C:\Documents and Settings\"A"\Local Settings\Application Data\Identities\{xxx111-2233-1x2x3-1234-xxx}\Microsoft\Outlook Express.

Banyak terdapat file seperti Inbox.dbx, Sent.dbx, dan file lain yang berextention dbx. Besarnya file tersebut terutama Inbox.dbx mencapai 1 Mb lebih, seingatku 10 Mb lebih. Terus aku coba buka Program Outlook Express, dan mencoba import dari folder tersebut, dan ternyata bisa, Alhamdulillah.

Akhirnya, setelah aku import email-emailnya, terus aku import juga address booknya (nanti lain waktu aku kasih tahu caranya), karyawan tersebut cek kembali emailnya, dan memang benar itu emailnya. Untung tidak aku format windowsnya, kalau diformat bisa hilang semua tuh email (karena waktu itu aku gak tahu filenya terdapat di folder user tersebut).

So, jika ingin repair windows atau format windows, sebaiknya backup dulu dengan cara mengcopy folder user di C:\Documents and Settings\"A" (ini sekedar contoh saja...) ke tempat lain, misal flashdisk atau komputer lain lewat jaringan. Supaya tidak hilang data orang lain, bisa berabe nanti.

Untuk backup address book Outlook Express, lain kali saya tuliskan di blog saya ini, Insya Allah.

Semoga bermanfaat!

1 comment:

  1. There are a lot of tools for me. But one of them surprised me yesterday - opening dbx file. I found it in the Google and the program determined my trouble quite easy and without payment as I kept in mind. The utility showed me how it recovered represents the analysis of separate dbx files.

    ReplyDelete

Mohon komentar yang baik-baik, tidak boleh nyepam, link yang menurut kami tidak baik, saya hapus, mohon maaf.