Tuesday, August 11, 2015

Membuat Susu Kedelai Lagi

Dulu, enam tahun yang lalu (kapan?), kami sudah menulis artikel tentang cara membuat susu kedelai sendiri di rumah dengan di sangrai, jadi lebih tahan lama untuk disimpan.

Saat itu, kami memang minum susu kedelai dengan cara di sangrai (biar sewaktu-waktu bisa dibuat, pagi, sore, maupun malam), walau kadang sering beli susu kedelai cair di rumah teman, temannya istriku.

Untuk sekarang, kami membuat susu kedelai cair sendiri, untuk dititip di warung (dalam keadaan hangat), maupun dijual di rumah sendiri (dalam keadaan dingin), anak-anak pada suka.

Bagaimana cara membuatnya? Insya Allah mudah.


Bahan yang diperlukan:

1. Kedelai kualitas bagus.

2. Gula pasir asli (sebaiknya jangan pakai pemanis, di postingan kami sebelumnya tidak apa-apa pakai pemanis, tapi saran kami tidak usah).

Cara membuat:

1. Rendam kedelai 1 malam.

2. Setelah itu, masak rendaman kedelainya biar empuk.

3. Dipleceti kulit ari kedelainya (ini yang agak ..., harus telaten).

4. Kemudian blender sampai halus dan lalu peras, dengan perbandingan 1 dele : 1 air atau 1 dele : 2 air atau 1 dele : 3 air, sesuai keinginan.

5. Habis itu, masak hasil perasan sampai mendidih, hati-hati luber.

6. Sajikan dalam keadaan hangat, atau bisa juga dalam keadaan dingin.

Cukup gampang, bisa langsung praktek. Oh ya, bagi yang mau, bisa ditambah dengan daun pandan atau jahe atau rasa yang lain seperti strobery, coklat, lalu rasa apa lagi? Jeruk? Lemon? Anggur? Emang ada?

Bagi yang repot, tidak sempat membuat susu kedelai dengan gula asli, tanpa bahan pengawet, tanpa bahan pemanis, tanpa bahan kimia, bolehlah pesan kepada kami.

Kami jual harga Rp 1000.- per bungkus, minimal 10 bungkus, kami antar untuk daerah bantul atau yogyakarta (yang terjangkau).

Kami juga menerima pesanan untuk snack anak-anak TK, pagi atau siang, dalam keadaan hangat, Insya Allah anak-anak pada suka, kami sudah membuktikannya.

SMS atau WA atau Line ke 081983.8194.

Terima Kasih.

Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment

Mohon komentar yang baik-baik, tidak boleh nyepam, link yang menurut kami tidak baik, saya hapus, mohon maaf.