Thursday, April 30, 2009

Kerja

Lulus kuliah walaupun hanya 1 tahun, jurusan Teknisi Komputer dan Informatika, Alhamdulillah dapat nilai Cumload IPK 3,5 keatas. Tapi jujur saja, aku belum bisa berbuat apa2. Maklum ini pertama aku mau kerja, mau cari kerja maksudnya. Padahal pas kuliah juga ada magang, cuman ya hanya itu saja, gak secara mendetail.

Setelah di batam, sebelumnya di jogja, dengan pengalaman yang masih "Fresh" alias belum ada pengalaman kerja sama sekali. Aku coba telp dan baca2 koran Batam Pos ( dulu namanya Sijori Pos). Melamar sana sini, seingatku hanya 5x lamaran aku tunjukan ke perusahaan di batam. Berharap semoga dapat pekerjaan yang cocok dengan kuliahku.

Ditunggu dan ditunggu, ada panggilan, tepatnya 3 panggilan untuk melakukan tes wawancara. Wawancara di apotik (apa hubnya dengan computer?..) gagal masuk. Terus di perusahaan kertas atau elektronik ? (lupa.. tapi gedungnya besar.. ini yang aku harapkan, kerja di Perusahaan besar...), tes tertulis logika, gagal juga. Terus tes di Ruko 3 lantai, pikirku kok gedungnya kecil ya, tapi gpp. Ada 7 (seingatku) orang yang di tes tertulis. Setelah selesai, diberi pertanyaan dan dipanggil 1 per 1 masuk ke ruangan bos. Dari 7 orang yang tes, 5 orang gugur alias gagal, pergi. Sisa 2 orang termasuk aku dan 1 orang lagi yang sudah pengalaman jadi teknisi komputer, sempat ngobrol aku dengannya walaupun sebentar. Hatiku jadi deg-degan, siapa gerangan yang akan diterima di PT ini.

Alhamdulillah, ternyata aku yang diterima. Saat itu juga aku diperkenalkan 1 per 1 dengan orang-orang kantor, dari lantai 1 sampai dengan lantai 3. Harap maklum juga, saat itu aku masih malu, harus adaptasi dulu, biasa orang baru. Hari itu juga, aku menemani supervisorku ke customer, OT alias overtime alias lembur sampai malam. Baru 1 hari kerja, langsung OT, ya gpp, inilah pengalamanku kerja yang sebenarnya kerja bukan magang yang tidak digaji.

Dari pengalaman diatas bisa diambil kesimpulan :

1.Lulus kuliah tentunya kita adalah Fresh Graduade artinya masih segar, masih belum pernah kerja di suatu Perusahaan. Kecuali bagi orang2 yang kuliah sambil kerja di perusahaan.

2.Bagi yang Fresh Graduade atau baru lulus kuliah, baik D1 ataupun S1, dari pengalamanku melamar kerja, untuk masalah gaji sebaiknya jangan ditulis nominalnya berapa. Saat aku diwawancara ini itu, pas ditanya "Berapa gaji yang anda minta?" Aku jawab "Itu terserah kebijakan perusahaan", para bos yang kasih wawancara malah tertawa "Mau saya kasih gaji Rp 300.000 sebulan". he2. Toh akhirnya aku dapat gaji Rp 600.000 perbulan.

3.Alhamdulillah digaji Rp 600.000 perbulan, ini gajiku perdanaku kerja, walaupun saat pertama kali aku digaji adalah 400rbn karena masuk di pertengahan bulan, tepatnya tanggal 15 januari 2002. Walaupun gaji kecil, aku tetap semangat kerja jangan malas2an. Ini aku lakukan biar benar2 dapat Pengalaman kerja yang bagus, tidak masalah kerja apa saja.

4.Ingat ada tipe bos yang lihat hasil kerja kita, cara kita kerja, semangat kita kerja. Walaupun kita digaji kecil, tetap semangat dalam bekerja. Itu Insya Allah akan membuat Bos kita SEGAN dan ujung-ujungnya nanti menaikan gaji kita. Diperintah sana sini, oke, ambil minuman, angkat monitor, komputer, dll.

5.Karena ingin benar-benar mencari pengalaman, janganlah kita mengeluh karena gaji kecil atau kerja tll berat, sehingga membuat kita malas2an dalam bekerja, seperti orang yang sedang sakit. Bos lihat karyawan macam ini, bisa diberi peringatan bahkan di DO alias di PHK. Jangan terlalu berharap Bos akan memelas kepada kita atau segan kepada kita, kalau kerja kita saja seperti orang sakit (malas2an).

6.Oh ya, aku pengalaman wawancara 2x di perusahaan besar. Wawancara pas ditanya soal gaji, aku menyebut nominal 1.2jt, sang HRD langsung manggut2, ya2. Akhirnya gagal masuk.

7.Seperti nasehat kakakku yang intinya seperti ini = " Kalau mau kerja di perusahaan, kerja apa saja gpp asal halal, tidak perlu menyebutkan soal gaji, Gaji adalah nomor 2 yang penting itu adalah Pengalaman. Apalagi baru lulus kuliah, belum ada pengalaman kerja. Kerja yang giat, semangat, jangan malas2an seperti orang kaliren (bhs jawa). Bos senang sama orang yang etos kerjanya tinggi".

8.Ini adalah pengalamanku saja. Rezeki sudah ada yang atur. Jika ada kesamaan berarti itu adalah suatu kebetulan semata, tapi jika ada perbedaan, itu tergantung masing2 orang menilainya. Mana yang lebih baik dan bagus untuk dirinya.

Semoga Bermanfaat!

No comments:

Post a Comment

Mohon komentar yang baik-baik, tidak boleh nyepam, link yang menurut kami tidak baik, saya hapus, mohon maaf.